WELCOME

Selamat Datang Perpustakaan SMP GPB Online untuk mendidik siswa menjadi kreatif, aktif, inovatif

Rabu, 04 Maret 2015

MAKALAH PUSAT SUMBER BELAJAR



MAKALAH
PUSAT SUMBER BELAJAR

” PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN BRAWIJAYA SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR”


Disusun oleh:

1.     Agita Bramantie
2.     Faisal Maulana
3.     Hady Sucahyo

Matakuliah: Pusat Sumber Belajar
Dosen Pembimbing: Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd

D3 PERPUSTAKAAN
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
2015






A. Latar Belakang

Secara sederhana bila kita urai Pusat Sumber Belajar (PSB) adalah tempat atau lembaga dimana berbagai sumber belajar diorganisasikan ke dalam sistem pembelajaran guna memenuhi kebutuhan belajar siswa dan kebutuhan mengajar guru. Dengan demikian Pusat Sumber Belajar akan menjadi sistem pendukung dalam pencapaian tujuan atau kompetensi pembelajaran.
Adanya kata diorganisasikan, ini memberi penegasan bahwa Pusat Sumber Belajar berbeda dengan Sumber Belajar. Oleh karena itu, tempat kumpulan sumber belajar belum dapat disebut Pusat Sumber belajar.
Bila kita mengutip pendapat F. Persifal dan H. Elington, pusat sumber belajar adalah tempat atau bangunan yang dirancang secara khusus untuk tujuan menyimpan, merawat, mengembangkan, dan memanfaatkan berbagai sumber belajar, baik untuk kebutuhan belajar secara individual maupun kelompok. Oleh karena itu Ricard N. Tuker (1979), menyebutnya sebagai media center. Tempat atau departemen yang memberikan fasilitas pendidikan, pelatihan dan pengenalan melalui berbagai media, serta pemberian layanan penunjang pembelajaran, mulai dari sirkulasi peralatan audio-visual, penyajian program-progran video, pembuatan katalog, sampai kepada pemanfaatan sumber-sumber belajar lainnya.
Perpustakaan Universitas Brawijaya merupakan perpustakaan yang yang berada dalam lingkungan kampus Universitas Brawijaya, Upaya Perpustakaan Universitas Brawijaya untuk tetap mlaksanakan tugas dan fungsinya secara baik terus dilakukan, baik melalui pengembangan koleksi, fasilitas, sumberdaya manusia, teknologi informasi dan manajemen perpustakaan. Dengan memanfaatkan gedung seluas kurang lebih 8520 m2, ketersediaan beragam koleksi baik tercetak dan elektronik, sistem terautomasi sejak 2001, didukung dengan sertifikasi manajemen berbasis ISO 9001:2008 sejak 05 maret 2010, diharapkan perpustakaan dapat memenuhi janjinya sebagai unit yang dapat memberikan layanan prima untuk mendukung visi Universitas Brawijaya sebagai World Class Entrepreneurial University.   

.


B. Rumusan Masalah

     1. Apakah yang dimaksud dengan pusat sumber belajar?
2.  Bagaimanakah gambaran umum Perpustakaan Universitas Brawijaya?


C. Tujuan Penulisan

1.  Mendeskripsikan pusat sumber belajar.
2.  Menjelaskan gambaran umum Perpustakaan Universitas Brawijaya,

D. Manfaat Penulisan

1. Bagi Penulis

Penulisan ini sangat bermanfaat bagi penulis karena selain sebagai salah satu syarat dalam penyelesaian tugas, penulisan ini juga bermanfaat sebagai media dalam pengembangan kemampuan penulis khususnya dalam bidang perpustakaan dan juga dalam bidang penulisan karya ilmiah.

2 Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Menjadi harapan besar bagi penulis agar penulisan yang dilakukan memiliki manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang perpustakaan karena penelitian ini dilakukan dengan kesadaran penuh untuk memberikan sumbangsih bagi perkembangan ilmu pengetahuan.





BAB II
PEMBAHASAN

A, Pusat Sumber Belajar

1. Pengertian Pusat Sumber Belajar.

Konsepsi pembelajaran modern yang ada pada saat ini menuntut peserta didik aktif dalam mencari, memilih, menemukan, menganalisis, menyimpulkan, dan melaporkan hasil belajarnya, sistem pembelajaran semacam ini bisa terlaksana dega baik apabila tersedia sumber-sumber belajar yang memadai dan dikelola oleh suatu lembaga PSB.
PSB merupakan bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai bangunan yang lengkap, yang dirancang dan diatur secara khusus dengan tujuan menyimpan, merawat, mengembangkan, dan memanfaatkan lokasi sumber belajar dalam berbagai bentuknya, baik secara individual maupun kelompok. PSB ini dirancang untuk memberikan kemudahan kepada peserta didik, baik secara individual maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia sehingga proses belajar terjadi.
PSB disebut juga dengan “ Media Center ” yang artinya suatu departemen yang memberikan fasilitas pendidikan, pelatihan dan pengenalan melalui produksi bahan media seperti slide, transparansi, OHP, video dan lain-lain. Selain itu juga, pemberian pelayanan penunjang seperti sirkulasi peralatan audiovisual, penyajian program-program video, pembuatan katalog, dan pemanfaatan pelayanan sumber-sumber belajar pada perpustakaan.
Sedangkan menurut Irving R. Merril and Harold A. Drob yang dimaksud dengan PSB adalah suatu kegiatan yang terorganisasi, yang terdiri dari direktur PSB, staf, peralatan, dan bahan-bahan pembelajaran yang ditempatkan dalam suatu lokasi yang mempunyai satu atau lebih fasilitas khusus untuk perencanaan, pembuatan, penyajian, pengembangan dan pelayanan perencanaan yang berhubungan dengan kurikulum dan pembelajaran pada suatu satuan pendidikan.
Dengan demikian, PSB merupakan wahana yang memberikan fasilitas atau kemudahan pada proses pembelajaran, dimana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, dikelola, dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran.
Ada yang mengatakan bahwa hakikat dari PSB adalah terpusat kepada peserta didik, dalam rangka mengembangkan kepribadiaannya dan untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran tertentu diperlukan lingkungan belajar tertentu.
Untuk dapat memilih macam lingkungan belajar mana yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu, dan bahan tertentu yang kiranya sangat relevan, maka diperlukan adanya pengembangan sistem introksional yang dilaksanakan secara sistematis.
Pengembangan sistem instruksional adalah suatu proses yang sistematis dan terus menerus yang akan membantu para pendidik dalam mengembangkan pengalaman-pengalaman belajar yang paling efektif dan efisien bagi peserta didik. Dimana dalam proses ini dapat diidentifikasikan berbagai variasi pilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Adapun langkah-langkah kegiatan dalam pengembangan sistem instruksional adalah sebagai berikut :
 - Mengidentifikasi kebutuhan intruksional yang menghasilkan rumusan tujuan program, tujuan pembelajaran.
 - Melakukan analisis instruksional.
 - Mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal peserta didik.
 - Merumuskan tujuan instuksional khusus.
 - Menyusun strategi intruksional.
 - Mengembangkan program intruksional.
 - Melaksanakaan kegiatan intruksional.
 - Mengevaluasi efektifitas kegiatan intruksional.

2. Tujuan Pusat Sumber Belajar.

a) Tujuan Umum.

PSB bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan dan proses pembelajaran melalui pengembangan sistem intruksional. Hal ini dilaksanakan dengan menyediakan berbagai macam pilihan untuk menyokong kegiatan kelas tradisional dan untuk mendorong penggunakan cara-cara belajar yang baru (nontradisional) yang paling sesuai untuk mencapai tujuan semua program pendidikan dan kewajiban-kewajiban institusional yang direncanakan lainnya.

b) Tujuan Khusus.

Secara khusus PSB bertujuan untuk :
- Menyediakan berbagai macam pilihan komunikasi untuk menyokong kegiatan kelas tradisional.
- Mendorong penggunaan cara-cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan program akademis dan kewajiban-kewajiban institusional lainnya.
 - Memberikan layanan dalam perencanaan, produksi, operasional, dan tindakan lanjutan ntuk mengembangkan sistem instruksional.
 - Melaksanakan latihan kepada para instruktur/staf tenaga pendidik mengenai pengembangan sistem instruksional dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran.
 - Memajukan penelitian yang perlu tentang penggunaan media pendidikan.
 - Menyebarkan informasi yang akan membantu memajukan penggunaan berbagai macam sumber beajar dengan lebih efektif dan efisien.
 - Menyediakan layanan produksi bahan belajar.
 - Memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas.
 - Membantu mengembangkan standar penggunaan sumber-suvmber belajar.
 - Menyediakan layanan pemeliharaan atas bebagai macam peralatan media.
 - Membantu dalam pemilihan dan pengadaan bahan-bahan media kelas dan peralatan.
 - Menyediakan pelayanan penilaian untuk membantu menentukan efektifitas berbagai cara pembelajaran.

3. Fungsi Pusat Sumber Belajar.
Pengembangan PSB merupakan bagian dari sistem penyelenggaraan pendidikan pada setiap satuan pendidikan. Adapun indikator yang dijadikan acuan dalam pengembangan PSB pada setiap satuan pendidikan adalah mengacu pada lima fungsi yang terdapat dalam suatu PSB, yaitu :
a. Fungsi Pengembangan Sistem intruksional.
Fungsi ini menolong dinas atau bagian, dan staf tenaga pendidik secara individual dalam membuat rancangan dan pemilihan yang akan meningkatkan efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran. Hal ini meliputi :pengembangan kurikulum, kunsultasi dalam bidang pengembagan sistem intruksional, penyusunan rencana pembelajaran, pengembangan instrumen tes hasil belajar, rancangan pengembangan media pembelajaran, seleksi peralatan dan bahan belajar, menghitung perkiraan biaya, perencanaan program, prosedur evaluasi, dan revisi program.

b. Fungsi pelayanan Media.
Fungsi ini berhubungan dengan pelaksanaan memprogram media dan pelayanan duungan yang dibutuhan oleh staf pendidik dan peserta didik. Hal ini meliputi : sistem media untuk kelompok besar, istem media untuk kelas standar, fasilitas dan program belajar mandiri, pelayanan perpustakaan cetak, digital, audio video, multimedia, dan bahan pembelajaran, konsultasi media pembelajaran, pelayanan pemeliharaan dan penyimpanan, layanan peminjaman, dan pelayanan pembelian bahan-bahan dan peralatan.

c. Fungsi Produksi.
Fungsi ini berhubungan dengan penyediaan materi atau bahan-bahan intruksional yang tidak dapatdiperoleh melalui sumber-sumber yang diperdagangkan. Hal ini meliputi : peniapan karya seni original untuk tujuan intruksional, produksi program audio, produksi program video, produksi multimedia, produksi media cetak, produksi media sederhana, pelayanan membuat kopi fhotografi, memprogram, mengedit, dan memperbanyak pita suara, memprogram, memelihara dan mengembangkan sistem.


d. Fungsi Administrasi.
Fungsi ini berhubungan dengan cara-cara atas mana tujuandan prioritas program dapat tercapai. Hal ini berarti bahwa fungsi ini berhubungan dengan semuasegi program yang akandilaksanakan dan akan melibatkan semua staf dan pemakai dalam cara-cara yang cocok. Hal ini meliputi beberapa kegiatan sebagai berikut ; perencanaan pengadaan sumber belajar, inventarisasi peralatan dan program, mengembangkan spisifikasi pendidikan untuk fasilitas baru, mengembangkan sistem penyampaian, memlihara kelangsungan pelayanan produksi bahan pembelajaran, menyediakan pelayanan untyk memelihara bahan, peralatan, fasilitas dan evaluasi dan monitoring, serta pelaporan.

e. Fungsi Pelatihan.
Fungsi ini berhubungan dengan upaya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) baik untuk pengelola PSB maupun masyarakat pengguna. Diantaranya meliputi pelatihan pengembangan kompetensi pembelajaran, pelatihan pengembangan media pembelajaran, pelatihan pengembangan SDM dalam bidang teknis produksi dan sebagainya.

4. Pengembangan Pusat Sumber Belajar

a. Langkah-Langkah Pengembangan PSB.
Menurut Mayer, pengembangan PSB berdasarkan pada empat hal, yaitu :
 - Berorientasi pada peserta didik yang belajar atau berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada peserta didik.
- Desentralisasi, yaitu penempatan bahan-bahan yang berbentuk media perangkat lunak dan keras tersebut disebarkan dimana saja sepanjang proses belajar dapat dilayani, seperti pusat-pusat belajar, didalam kelas, atau digunakan perorangan dirumah.
 - Bahan-bahan belajar diproduksi dan dipelihara secara lokal.
 - Program media dikembangkan secara terintegrasidalam proses intruksional.
Sedangkan prinsip pengembangannya, yaitu dapat mencapai tujuan pembelajaran, sesuai dengan karakteristik peseta didik, dan memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam belajar.

b. Strategi pengembangan PSB dilaksanakan secara bertahap, yaitu :
1)  Melakukan analisis kebutuhan dan studi kelayakan PSB disatuan pendidikan.
Pengembangan PSB diawali dengan kegiatan analisis kebutuhan ini merupakan suatu kegiatan ilmiah yang melibatkan berbagai teknik pengumpulan data berbagai sumber informasi untuk mengetahui kesenjangan (gap) antara keadaan yang seharusnya terjadi (ideal) dengan keadaan yang senyatanya terjadi (reality).
Langkah-langkah dalam kegiatan analisis kebutuhan meliput tiga tahap, sebagai berikut :
 - Perancangan, meliputi penentuan fokos analisis kebutuhan penentuan teknk pengumpulan data, dan pengembangan intrumen.
 - Pelaksanaan, yaitu melakukan pengumpulan data sesuai dengan teknik pengumplan data dan instumen yang telah ditentukan dalam perancangan dan menganalisisnya.
- Pelaporan, yaitu melaporkan hasil analisis kebutuhan tersebut. Isi dari laporan tersebut adalah sumber-sumber belajar yang diperlukan untuk kegiatan pembelajaran.
2)  Mengembangkan sarana fisik PSB berdasarkan fungsi-fungsi yang akan dikembangkan.
Pengalaman menunjukkan, banyak PSB yang sudah berdiri lambat laun mengalami kemunduran (menjadi tidak fungsional lagi) dikarenakan semata-mata kurangnya perawatan dan upaya untuk memperbaharui sarana dan prasarana yang dimiliki. Oleh karena itu, ada baiknya dalam mengembangkan PSB perlu diperhatikan hal-hal berikut :
-  Mengembangkan sarana dan fasilitas PSB yang berorintasi kepada lima fungsi yang ada di PSB.
 - Mengembangkan sarana dan fasilitas PSB tidak semata-mata berorintasi pada pencapaian tujuan, tetapi juga untuk pencapaian benitif.
 - Mengembangkan sarana dan fasilitas PSB yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi informasi.
3) Mengembangkan program-program PSB yang berorientasi pada pencapaian tujuan, sosial, dan benifit.
Identifikasi terhadap kebutuhan SDM, program, dan sarana penunjang PSB ini mengacu kepada lima bidang yang ada dalam PSB. Identifikasi sengaja difokuskan pada standar kebutuhan minimal masing-masing bidang. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran, bahwa untuk mengembangan suatu PSB dapat dilakukan secara bertahap dengan SDM, program, dan sarana yang terbatas. Sehingga dalam setiap satuan pendidikan dapat dengan segera mewujudkan PSB ditempatnya masing-masing. Sebagai contoh untuk mengoperasikan kegiatan PSB agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan, minimal diperlukan SDM Profesional dengan kualitas tertentu yaitu media profesional dan instruksional designer.



B. Gambaran Umum Perpustakaan Universitas Brawijaya

1. Sejarah Perpustakaan Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) didirikan pada tanggal 5 Januari 1963 dan pada tanggal yang sama Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya didirikan. Hal ini didasarkan pada Keputusan Menteri PTIT Nomor 1 tahun 1963 yang selanjutnya dikukuhkan dengan Keputusan Presiden RI No. 196 tanggal 23 September 1963. Pada perkembangannya Perpustakaan UB sempat mengalami pemindahan tempat. Pada awalnya perpustakaan beralamatkan di Jl. Guntur No.1, namun akhirnya pada tahun 1965 perpustakaan pindah ke kampus UB di Dinoyo, Malang. Pada saat itu luas gedung perpustakaan hanya seluas 400 m2 kemudian pada perkembangannya perpustakaan membangun gedung seluas 3.000 m2. Kemudian diresmikan oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Prof. Dr. Dodi Trisna Amijaya) pada tanggal 24 Februari 1984. Kemudian gedung perpustakaan dikembangkan lagi menjadi seluas 4.200 m2 pada tahun 1987. Pada tahun 2009 gedung perpustakaan yang baru telah dibangun seluas 4.320 m2, sehingga luas gedung perpustakaan menjadi 8.520 m2 yang merupakan perluasan dari gedung yang lama. Perpustakaan menempati gedung lantai I dan lantai II.
Untuk meningkatkan mutu secara berkelanjutan, relevans dan efisiensi layanan UB di era global, maka UB memerlukan supporting system, khususnya perpustakaan yang dikelola secara baik. Peningkatan kemampuan Perpustakaan UB, dalam periode sepuluh tahun terakhir telah dilakukan akselerasi, khususnya untuk memenuhi kebutuhan proses manajemen perpustakaan dengan mengembangkan dan menerapkan sistem automasi perpustakaan terpadu dan pada tahun 2004 proses kegiatan perpustakaan sudah terautomasi dan berbasis web. Melalui berbagai program manajemen melakukan kerjasama dan pengembangan lainnya, sehingga perpustakaan UB memperoleh penghargaan sebagai perpustakaan yang mengembangkan dan menerapkan Information Technology (IT) dengan baik, Layanan Sampoerna Corner, menyediakan layanan Internet secara gratis. Pengembangan manajemen dan penyediaan sarana IT semakin baik ketika perpustakaan berhasil memperoleh grand TPSDP, periode 2006-2007.
Program Perpustakaan UB tahun 2009 adalah melanjutkan kegiatan tahun 2008 yang sudah berjalan dan menyempurnakan pengelolaannya. Untuk itu sesuai mandat utama perpustakaan UB, maka program perpustakaan difokuskan pada : a) Meningkatkan peran perpustakaan sebagai support system UB melalui peningkatan kemampuan organisasi secara profesional, kredibel dan akuntabel; b) Meningkatkan kepuasan stakeholder melalui perluasan, kecepatan dan ketepatan akses; c) Menyediakan berbagai sumber infomasi bermutu melalui media tercetak dan elektronik, bersifal lokal maupun internasional; d) Memanfaatkan ICT sebagai alat mempermudah pengumpulan, pengelolaan, penemuan kembali dan penyebarluasan. Sumber: ww.flickr.com
 
2. Visi, Misi, dan Tujuan
Visi
Seiring dengan visi Universitas Brawijaya yang tercakup dalam Tridarma Perguruan Tinggi maka visi Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya adalah menjadi manager pengetahuan yang terkemuka ( an excellence knowledge manager) dengan layanan dan pengolahan berbasis teknologi informasi untuk menyediakan kepuasan pengguna dan meningkatkan penyerapan dan pemanfaatan bersama pengetahuan ( knowledge transfer and sharing ) antar civitas academica.
Misi
Untuk mewujudkan visi di atas maka perpustakaan memiliki misi sebagai berikut:
Peningkatan pembangkitan ( generating ), pengumpulan ( collecting ), pengemasan ( packaging ), penyebaran ( distribution ) dan pelestarian ( preservation ) kekayaan ilmiah Universitas Brawijaya.
Menyediakan suatu bentuk informasi yang berkualitas bagi analisis dan pengambilan keputusan ( decision support system ) yang bermanfaat bagi pengembangan kegiatan akademik Universitas Brawijaya di masa sekarang dan mendatang.
Meningkatkan cara dan proses disseminasi koleksi yang telah dimiliki lebih efisien dan efektif.
Meningkatkan keragaman cara dan kecepatan akses sumber-sumber kekayaan ilmiah bagi pengguna.
Meningkatkan mutu layanan dan kelayakan fasilitas kepada pengguna sebagai salah satu sarana penyokong proses kegiatan belajar dan mengajar.
Menunjang sistem jaringan informasi pada perguruan tinggi di tingkat regional, nasional dan internasional.

Tujuan
Dalam mewujudkan misinya Perpustakaan Universitas Brawijaya memiliki sasaran sebagai berikut:
Mengembangkan suatu bentuk sistem knowledge management dan knowledge sharing antar komponen civitas akademika yang berbasis teknologi informasi, khususnya untuk kekayaan ilmiah lokal seperti tugas akhir mahasiswa (skripsi), laporan penelitian, thesis, desertasi, proceeding, pidato pengukuhan dan grey literature lainnya.
Mengembangkan efisiensi sistem kerja operasional perpustakaan, pemeliharaan dan pengelolaan data (datawarehousing) berbasis teknologi informasi seperti dalam hal akuisisi koleksi, sirkulasi, sistem kontrol keanggotaan ( patron control system ), dan kegiatan administratif lainnya.
Mengembangkan  efisiensi sistem temu kembali informasi baik berupa full-text dan metadata yang berbasiskan pada teknologi informasi.
Meningkatkan  sosialisasi terhadap pengguna dalam hal ini semua civitas akademika secara lebih optimal melalui pendidikan pemakai, mengenai pemanfaatan sumber sumber pengetahuan.
Meningkatkan  hubungan dengan sumber – sumber informasi lokal (sudut baca pada masing-masing program studi) melalui intranet campus.
Meningkatkan  kualitas sistem silang layan dan pertukaran data antar perpustakaan maupun sumber-sumber informasi yang ada dalam masyarakat lainnya di tingkat regional, nasional dan internasional dengan menggunakan jaringan teknologi informasi.




3. Struktur Organisasi

Struktur organisasi perpustakaan dan diskripsi tugas staf perpustakaan adalah berdasarkan SK Rektor 278 tahun2014 tanggal 17 Juni 2014 sebagaimana dijelaskan dalam gambar di bawah ini.
Adapun struktur organisasi perpustakaan sebagai berikut :



a. Deskripsi Tugas Staf Perpustakaan UB

KEPALA PERPUSTAKAAN (KAPUS) MENJADI TOP MANAGEMENT

Menyusun rencana  strategi perpustakaan.
Menyusun rencana dan program kerja tahunan.
Menyusun program  pengembangan Perpustakaan.
Mengorganisasikan  sumber daya dan dana.
Membimbing dan membina sumber daya manusia di unitnya.
Mengkoordinasikan  penyelenggaraan bidang-bidang yang ada di unitnya.
Melakukan monitoring & evaluasi pelaksanaan tugas layanan teknis, layanan pengguna, pengembangan dan kerjasama, serta administrasi dan kerumahtanggaan.
Menyusun laporan berkala; bulanan, triwulan, semester dan tahunan kegiatan perpustakaan kepada Rektor.

SEKRETARIS PERPUSTAKAAN (SEKPUS) MENJADI MANAGEMENT REPRESENTATIVE (MR)
Membantu menyusun rencana strategi perpustakaan.
Membantu menyusun rencana kerja tahunan.
Membantu menyusun program pengembangan.
Membantu mengorganisasikan sumber daya dan dana.
Membantu membimbing dan membina sumber daya manusia di unitnya.
Membantu melakukan monitoring & evaluasi pelaksanaan tugas layanan teknis, layanan pengguna, pengembangan dan kerja sama, serta administrasi dan kerumahtanggan.
Membantu mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan Bidang Layanan Teknis, Layanan Pengguna, Pengembangan dan Kerja Sama, serta Administrasi dan Kerumahtanggaan.
Membantu menyusun laporan berkala kegiatan perpustakaan kepada Rektor.
BIDANG LAYANAN PENGGUNA
Koordinator Bidang (KORBID) Layanan Pengguna
Menyusun program kerja tahunan Bidang Layanan Pengguna.
Melakukan analisis perkembangan layanan pengguna.
Mengkoordinasikan kegiatan Sub Bidang Layanan Keanggotaan, Sirkulasi & Reselving, serta Referensi dan Multimedia.
Melakukan monitoring & evaluasi pelaksanaan tugas-tugas Sub Bidang Layanan Keanggotaan, Sirkulasi & Reselving, serta Referensi dan Multimedia.
Menyusun konsep, materi dan pelaksanaan pendidikan pengguna.
Menjawab saran & masukan dari pengguna baik secara manual maupun elektronik.
Merekomendasi penggantian buku hilang.
Memberikan pengesahan bebas pinjam.
Mengatur dan menyelenggarakan kegiatan layanan antar perpustkaan.
Mengatur dan menyelenggarakan pameran bahan pustaka.
Menyusun laporan bulanan kepada Kepala Perpustakaan.
Urusan Keanggotaan (Membership)
Kepala Urusan (KAUR) Keanggotaan (Membership) :
Menyusun program kerja Sub Bidang Keanggotaan.
Melakukan pendaftaran anggota perpustakaan.
Melakukan kegiatan entri data anggota perpustakaan.
Melakukan pengambilan gambar, pencetakan kartu anggota perpustakaan.
Melakukan registrasi & aktivasi status keanggotaan.
Memberikan dan membuat permohonan surat pengantar oleh pengguna.
Mengkoordinasikan kegiatan administrasi dan pembuatan kartu FKP2T.
Mengkoordinasikan kegiatan administrasi sumbangan alumni.
Mengkoordinasikan kegiatan administrasi penyerahan tugas akhir mahasiswa.
Mengkoordinasikan kegiatan administrasi bebas pinjam.
Mengkoordinasikan kegiatan front office (cek in & cek out) dan penitipan tas.
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Bidang Layanan Pengguna.
Staf pelaksana kegiatan Kontrol pintu masuk & registrasi/aktivasi
Melaksanakan kegiatan pengecekan pengguna yang masuk perpustakaan.
Melakukan registrasi & aktivasi pengguna yang  masa  aktifnya sudah berahir.
Merekapitulasi presensi pengunjung perpustakaan.
Merekapitulasi kegiatan layanan diluar jam kerja.
Membantu kegiatan pelayanan sirkulsi.
Membantu kegiatan layanan penitipan dan peminjaman loker.
Staf Pelaksana Kegiatan Kontrol Pintu Keluar & Koleksi Dipinjam
Melaksanakan kegiatan pengecekan pengguna yang keluar dari perpustakaan.
Mengontrol barang dibawa keluar pengguna dari perpustikaan.
Mencatat dan melaporkan kejadian-kejadian di lobi perpustakaan.
Menerima dan mengarahkan pengunjung atau tamu yang sedang membutuhkan informasi ke Kepala Sub Bidang Keanggotaan atau unit  informasi.
Membantu kegiatan pelayanan sirkulsi dan registrasi.
Membantu kegiatan layanan penitipan dan peminjaman loker.
Staf Pelaksana Penitipan dan Loker
Melaksanakan kegiatan penitipan dan peminjaman loker.
Melaksanakan peminjaman tas laptop.
Menerima benda, barang dan sejenisnya yang diterima dari jasa pos dan sejenisnya, dan menyerahkannya ke Bidang Administrasi & Kerumahtanggaan.
Mengamankan benda, barang dan sejenisnya yang ditemukan atau oleh orang lain, dan diserahkan ke Kepala Sub Bidang Keanggotaan.
Membantu kegiatan pelayanan sirkulsi dan registrasi.
Membantu kegiatan kegiatan pengecekan pengguna yang keluar dari perpustakaan
Staf Pelaksana Penerimaan karya Ilmiah mahasiswa, Bebas Pinjam, FKP2T, Surat Pengantar
Melaksanakan kegiatan permohonan surat pengantar oleh pengguna perpustakaan.
Melaksanakan kegiatan administrasi dan pembuatan kartu FKP2T.
Melaksanakan kegiatan administrasi sumbangan alumni.
Melaksanakan kegiatan penyerahan tugas akhir mahasiswa baik dalam bentuk print atau elektronik.
Melaksanakan kegiatan administrasi & pengesahan bebas pinjam.
Melaksanakan tanda anggota sementara bagi pengguna yang telah melakukan bebas pinjam.

Urusan Layanan Sirkulasi & Penataan Koleksi (Reselving)
Kepala Urusan (KAUR) Sirkulasi & Penataan Koleksi (Reselving):
Menyusun program kerja Sub Bidang Sirkulasi & Reselving.
Mengkoordinasikan dan melakukan kegiatan peminjaman & pengembalian koleksi .
Melakukan kegiatan administrasi denda & dispensasi Denda.
Melakukan kegiatan administrasi penggantian buku.
Mengkoordinasikan Pesanan koleksi buku oleh pengguna.
Menyiapkan data pemanggilan pada peminjam yang terlambat mengembalikan koleksi buku.
Mengkoordinasikan penyiapan dan penyusunan kembali koleksi di rak buku.
Menerima dan mengevaluasi pengiriman koleksi buku dari bagian terkait.
Mengawasi, mengevaluasi kegiatan foto kopi.
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Bidang Layanan Pengguna.
Staf pelaksana kegiatan Layanan Sirkulasi
1.     Melaksanakan kegiatan peminjaman dan pengembalian buku.
2.     Melaksanakan sangsi denda keterlambatan pengembalian buku.
3.     Menyusun dan melaksanakan pemanggilan pengguna yang terlambat mengembalikan buku.
4.     Melaksanakan pendataan dan pelaporan hasil jasa kegiatan sirkulasi.
5.     Melaksanakan  administrasi penggantian buku yang dihilangkan pengguna.
6.     Melaksanakan kegiatan pesanan koleksi dan penagian koleksi dalam pesanan.
Staf Pelaksana Kegiatan Reselving koleksi teks
Melaksanakan persiapan dan penataan meja/kursi di ruang baca.
Melaksanakan reselving koleksi buku secara rutin dan kontinyu.
Melaksanakan pengembalian, pengangkutan dan pemilahan koleksi yang dikembalikan dari unit sirkulasi ke tempat penampungan koleksi.
Melaksanakan pengumpulan dan pemilahan koleksi di meja baca dan memasukkan ke rak penampungan koleksi.
Melaksanakan kegiatan temu kembali dan membantu pengguna dalam menemukan koleksi.
Staf Pelaksana Kegiatan Reselving koleksi Reserve
Melaksanakan persiapan dan penataan meja/kursi di ruang baca.
Melaksanakan reselving koleksi buku secara rutin dan kontinyu.
Melaksanakan pengembalian, pengangkutan dan pemilahan koleksi yang dikembalikan dari unit sirkulasi ke tempat penampungan koleksi.
Melaksanakan pengumpulan dan pemilahan koleksi di meja baca dan memasukkan ke rak penampungan koleksi.
Melaksanakan kegiatan temu kembali dan membantu pengguna dalam menemukan koleksi.

Staf Pelaksana Kegiatan Layanan Foto Kopi
Melaksanakan kegiatan layanan fotokopi
Melaksanakan pencatatan hasil  jasa layanan fotokopi
Melaksanakan perwatan dan kebersihan mesin fotokopi
Melaksanakan penyediaan dan pengadaan alat, bahan dan kertas untuk kegiatan fotokopi.
Membuat laporan kegiatan jasa layanan fotokopi

Urusan Layanan Referensi dan Multimedia
Kepala Urusan (KAUR) Layanan Referensi dan Multimedia
Menyusun program kerja Sub Bidang Referensi dan Multimedia
Menyelenggarakan dan mengawasi layanan internet dan multimedia.
Mengkoordinasikan kegiatan layanan referensi, serial, Karya Ilmiah Mahasiswa dan tugas akhir mahasiswa, B-Web, Brawijaya Knowledge (BK) dan Sampoerna Corner.
Mengkoordinasikan penyusunan kembali koleksi serial, referensi, Karya Ilmiah Mahasiswa dan tugas akhir mahasiswa, serta Sampoerna Corner.
Memberikan konsultasi dan bantuan pencarian informasi.
Melakukan kegiatan silang layan.
Melakukan kegiatan penelusuran informasi.
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Bidang Layanan Pengguna.

Staf pelaksana kegiatan Layanan Sampoerna Corner
1.      Melaksanakan kegiatan layanan pemakaian internet.
2.      Melaksanakan kegiatan pemanduan dan pemanfaatan fasilitas Sampoerna Corner.
3.      Melaksanakan penataan koleksi Samporna Corner.
4.      Bertanggung jawab atas fasilitas yang ada diruangan Sampoerna Corner.
5.      Melaksanakan pendataan dan pelaporan kegiatan Layanan Sampoerna Corner.

Staf Pelaksana Kegiatan Layanan Brawijaya Knowledge (BK)
1.      Melaksanakan kegiatan layanan koleksi Brawijaya Knowledge (BK).
2.      Melaksanakan kegiatan pemanduan pemanfaatan fasilitas dan koleksi Brawijaya Knowledge (BK).
3.      Melaksanakan penataan koleksi Brawijaya Knowledge (BK).
4.      Bertanggung jawab atas fasilitas yang ada diruangan Brawijaya Knowledge (BK).
5.      Melaksanakan pendataan dan pelaporan kegiatan Layanan Brawijaya Knowledge (BK).

Staf Pelaksana Kegiatan B-Web
1.      Melaksanakan kegiatan layanan pemakaian dan sewa internet.
2.      Melaksanakan kegiatan pemanduan dan pemanfaatan fasilitas B-WEB.
3.      Melaksanakan Pemantauan dan evaluasi pemanfaatan B-WEB.
4.      Melaksanakan kegiatan layanan scaning, formating data dan print dokumen.
5.      Bertanggung jawab atas fasilitas yang ada diruangan B-WEB.
6.      Melaksanakan pendataan dan pelaporan kegiatan Layanan B-WEB.

Staf Pelaksana Kegiatan Layanan Referensi dan Serial
1.      Melaksanakan kegiatan peminjaman dan pengembalian koleksi referensi dan serial.
2.      Melaksanakan pemanduan dan pengararahan pemanfaatan koleksi referensi dan serial.
3.      Menyiapkan koleksi serial, majalah, berita harian terbaru dalam rak koleksi serial baru.
4.     Melaksanakan penyampulan koleksi serial yang dianggap cukup untuk disampul.
5.      Melaksanakan kegiatan penelusuran informasi menggunakan koleksi referensi.
6.      Melaksanakan  pengelompokan koleksi majalah dan berita harian menurut tanggal dan kelompok nama berita harian dan majalah.
7.      Melaksanakan kegiatan pesanan artikel ilmiah dan informasi lainnya.
8.      Bertanggung jawab atas fasilitas yang ada diruangan B-WEB.
9.      Melaksanakan pendataan dan pelaporan kegiatan Layanan B-WEB.
Staf Pelaksana Kegiatan Layanan Karya Ilmiah dan Tugas Akhir Mahasiswa
1.      Melaksanakan kegiatan peminjaman dan pengembalian koleksi Karya Ilmiah dan Tugas Akhir Mahasiswa.
2.      Melaksanakan pemanduan dan pengararahan pemanfaatan Karya Ilmiah dan Tugas Akhir Mahasiswa.
3.      Menyiapkan koleksi Karya Ilmiah dan Tugas Akhir Mahasiswa dalam rak koleksi.
4.      Melaksanakan penataan koleksi Karya Ilmiah dan Tugas Akhir Mahasiswa.
5.      Melaksanakan kegiatan disposisi foto copi Karya Ilmiah dan Tugas Akhir Mahasiswa.
6.      Bertanggung jawab atas fasilitas yang ada diruangan Karya Ilmiah dan Tugas Akhir Mahasiswa.
7.      Melaksanakan pendataan dan pelaporan kegiatan Layanan Karya Ilmiah dan Tugas Akhir Mahasiswa.
BIDANG LAYANAN TEKNIS
Koordinator Bidang (KORBID) Layanan Teknis :
Menyusun program kerja tahunan Bidang Layanan Teknis.
Melakukan analisis sistem layanan teknis.
Melakukan kajian pengembangan dan kebutuhan sumber informasi.
Mengkoordinasikan kegiatan Sub Bidang Pengembangan bahan perpustakaan, pengolahan dan pemeliharaan bahan perpustakaan, serta digitalisasi koleksi dan alih media.
Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas Sub Bidang Pengembangan bahan pustaka, pengolahan dan perawatan bahan pustaka, serta digitalisasi dan alih media.
Mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan stok opname koleksi.
Menyusun konsep dan menganalisis pengembangan sistem pendataan koleksi dan bibliografis.
Menyusun laporan bulanan kepada Kepala Perpustakaan.

Urusan Pengembangan dan Pengadaan Bahan Perpustakaan
Kepala Urusan (KAUR) Pengembangan dan Pengadaan Bahan Pustaka
Menyusun program kerja Sub Bidang Pengembangan dan Pengadaan Bahan Pustaka.
Mengumpulkan, memilih dan menyiangi sumber bahan perpustakaan  untuk seleksi bahan perpustakaan.
Menetapkan standar kebutuhan bahan pustaka.
Menyiapkan sumber informasi ilmiah terbaru untuk dipilih oleh dosen.
Menyeleksi sumber bahan perpustakaan yang telah dipilih.
Menyusun daftar usulan pengadaan bahan perpustakaan.
Menyusun daftar permintaan koleksi bahan pustakan dari civitas akademika.
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Bidang Layanan Teknis.
Staf Pelaksana Kegiatan Inventarisasi
Menerima dan mengecek Bahan Pustaka yang diterima.
Melakukan inventarisasi semua jenis bahan perpustakaan yang telah diterima.
Meregistrasi dan menandai identitas kepemilikan bahan pustaka.
Mengirimkan bahan perpustakaan ke Sub Bidang Pengolahan dan Perawatan.
Membantu menyiapkan daftar usulan pengadaan buku
Membuat Laporan Kegiatan Inventarisasi.

Urusan Pengolahan dan Pemeliharaan Bahan Pustaka
Kepala Urusan (KAUR) Pengolahan dan Pemeliharaan Bahan Pustaka
Menyusun program kerja Sub Bidang Pengolahan dan Pemeliharaan Bahan Pustaka
Menerima bahan pustaka dari bagian pengembangan bahan perpustakaan.
Verifikasi bahan perpustakaan dengan database yang ada.
Menentukan deskripsi, tajuk entri, tajuk subjek dan nomor panggil (call number) bahan perpustakaan berdasarkan standar yang ditetapkan.
Menginput data bibliografis bahan pustaka ke dalam sistem otomasi perpustakaan.
Mengkoordinasikan kegiatan penerimaan koleksi yang sudah diperbaiki dari bagian pemeliharaan untuk kelengkapan atribut koleksi.
Mengkoordinasikan kegiatan penyelesaian atribut koleksi dan bahan pustaka.
Mengkoordinasikan kegiatan pemilihan, pendataan dan perbaikan koleksi yang rusak yang bisa diperbaiki.
Mengkoordinasikan kegiatan pengubahan status koleksi yang sedang diperbaiki:
dari tersedia menjadi sedang diperbaiki dan sebaliknya.
dari tersedia menjadi rusak dan dari tersedia menjadi hilang.
Mengkoordinasikan kegiatan pengiriman kembali koleksi yang sudah diperbaiki ke bagian pengolahan untuk verifikasi data bibliografis.
Mengkoordinasikan kegiatan preservasi dan fumigasi serta penyiangan koleksi bahan pustaka dalam waktu tertentu.
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Bidang Layanan Teknis.
Staf pelaksana kegiatan Pengolahan Bahan Pustaka
Melaksanakan verifikasi Bahan Pustaka baik dengan cara manual maupun elektronik
Melakukan penyusunan katalogisasi koleksi baik dengan cara manual maupun elektronik.
Melakukan pencantuman klasifikasi koleksi baik dengan cara manual maupun elektronik.
Melakukan penentuan tajuk subyek koleksi baik dengan cara manual maupun elektronik.
Memasukkan data bibliografi koleksi ke dalam sistem database perpustakaan
Melaksanakan perbaikan data koleksi penggantian.
Membuat laporan rutin hasil kegiatan pengolaha dan perawatan koleksi
Staf pelaksana kegiatan finishing, labeling dan penyampulan
Melaksanakan kegiatan finishing, berupa label, barcode, stempel indentitas koleksi, title tape.
Melaksanakan kegiatan menyampul buku dengan plastik berdasar standar penyampulan.
Mendata dan memberikan berupa label, barcode, stempel indentitas koleksi, title tape koleksi CD suplemen buku.
Membuat Daftar Pengiriman Bahan Pustaka ke Bagian Layanan.
Melaksanakan pengiriman Bahan Pustaka ke Bidang Layanan Pengguna.
Perbaikan dan penggantian barcode dan label bahan pustaka yang dianggap usang dan rusak.
Membuat laporan hasil kegiatan secara rutin.
 Staf pelaksana kegiatan pemeliharaan koleksi rusak
Melaksanakan verifikasi dan pendataan koleksi rusak
Membuat daftar bahan pustaka rusak yang akan diperbaiki.
Melakukan pemilahan koleksi rusak, diantara koleksi yang masih dapat diperbaiki dan yang tidak dapat diperbaiki
Perbaikan dan penggantian barcode dan label bahan pustaka yang dianggap usang dan rusak.
Melakukan fumigasi koleksi cetak dalam waktu tertentu.
Melakukan pemilihan koleksi yang rusak di jajaran koleksi
Membuat laporan rutin hasil kegiatan.
Staf pelaksana kegiatan perawatan dan penjilidan
Melakukan pemilahan Bahan Pustaka rusak sesuai tingkat kerusakan.
Menjilid/memperbaiki Bahan Pustaka rusak dan masih layak diperbaiki.
Membuat Daftar Bahan Pustaka yang sudah diperbaiki / dijilid
Mengirim kembali Bahan Pustaka yang sudah diperbaiki
Membantu kebutuhan kantor dalam bentuk cetak format/formulir isian , amplop dan yang sejenisnya.
Membuat laporan rutin hasil kegiatan.

Urusan Digitalisasi & Alih Media Bahan Pustaka
Kepala Urusan (KAUR) Digitalisasi & Alih Media Bahan Pustaka
Menyusun program kerja Sub Bidang Digitalisasi & Alih Media Bahan Pustaka
Mengkoordinasikan kegiatan penerimaan bahan pustaka  dari bagian pengembangan koleksi.
Mengkoordinasikan & melakukan kegiatan verifikasi berdasarkan  jenis koleksi, kelengkapan informasi dan subjek.
Membuat  konsep dan input  data bibliografis.
Mengkoordinasikan & melakukan kegiatan proses digitalisasi dan alih media bahan pustaka.
Mengkoordinasikan & melakukan kegiatan editing koleksi digital atau elektronik berdasar format yang ditetapkan.
Melakukan pengamanan dan validasi koleksi digital dan elektronik berdasar standar yang ditetapkan.
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Bidang Layanan Teknis.
Staf pelaksana kegiatan Digitalisasi & Alih Media Bahan Pustaka
Melakukan verifikasi berdasarkan  jenis koleksi, kelengkapan informasi dan subjek.
Membuat konsep dan melakukan input data bibliografis.
Melakukan proses digitalisasi dan alih media bahan pustaka.
Melakukan editing koleksi digital atau elektronik berdasar format yang ditetapkan.
Melakukan pengamanan dan validasi koleksi digital dan elektronik berdasar standar yang ditetapkan.
Membuat Laporan Hasil Kegiatan
Staf pelaksana kegiatan Scaning dan Editing Bahan Pustaka
Melakukan scanning koleksi cetak, khususnya karya civitas akademika Univeritas  brawijaya
Melakukan editing hasil scaning dan memformat data sesuai dengan konsep digital perpustakaan Univeritas  brawijaya.
Memasukkan data hasil scaning yang sudah diedit dan diformat ke dalam database digital perpustakaan Univeritas Brawijaya.
Melaksanakan pengamanan dan validasi koleksi digital dan elektronik berdasar standar yang ditetapkan.
Membuat Laporan Hasil Kegiatan

BIDANG PENGEMBANGAN DAN KERJASAMA
Koordinator Bidang (KORBID) Pengembangan dan Kerjasama
Menyusun program kerja tahunan Sub  Bidang Pengembangan dan Kerjasama
Melakukan analisis dan kajian kebutuhan sarana dan informasi institusi dan pengguna
Mengkoordinasikan kerjasama dengan perpustakaan lain atau lembaga/institusi untuk meningkatkan kinerja perpustakaan
Mengkoordinasikan kegiatan Sub Bidang Penerapan dan Pengembangan TIK,  Publikasi dan WEB, serta Kerjasama dan Kajian Perpustakaan
Melakukan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas Sub Bidang Penerapan dan Pengembangan TIK, Publikasi dan WEB, serta Kerjasama dan Kajian Perpustakaan.
Melakukan penyediaan data dan dokumen terkait kebutuhan penyusunan rencana kerja  dan pelaporan perpustakaan.
Menyusun laporan bulanan kepada Kepala Perpustakaan.

Urusan Penerapan dan Pengembangan TIK
Kepala Urusan (KAUR) Penerapan dan Pengembangan TIK
Menyusun program kerja Sub Bidang Penerapan & Pengembangan TIK
Menyelenggarakan kegiatan dan perawatan TIK dalam operasional perpustakaan
Melaksanakan pemantauan penyelenggaraan TIK perpustakaan
Melaksanakan evaluasi system database, jaringan, software dan hardware
Melaksanakan penerapan sistem pengamanan data dalam system server perpustakaan.
Menyelenggarakan pengembangan TIK sesuai dengan kebutuhan perpustakaan
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Bidang Pengembangan dan Kerjasama.
Tenaga Teknisi Penerapan dan Pengembangan TIK
Melaksanakan kegiatan dan perawatan TIK perpustakaan
Melaksanakan pemantauan penyelenggaraan TIK perpustakaan
Melaksanakan perbaikan database, jaringan, software dan hardware
Melaksanakan kegiatan rutin pengamanan data dalam sistem server perpustakaan.
Melaksanakan pengembangan TIK sesuai dengan kebutuhan perpustakaan
Memberikan laporan rutin.

Urusan Publikasi dan WEB
Kepala Urusan (KAUR) Publikasi dan Web
Menyusun program kerja Sub Bidang Publikasi dan Web
Menyiapkan & menyediakan data kegiatan & Perkembangan perpustakaan.
Melaksanakan survey atau penelitian kebutuhan sumber informasi dan pemanfaatan perpustakaan.
Melaksanakan penyebaran informasi tentang kegiatan perpustakaan melalui media cetak dan elektronik.
Menyiapkan, mengupdate konten portal perpustakaan digilib.brawijaya.ac.id
Membuat informasi tentang perpustakaan secara manual & elektronik.
Menjawab saran dan masukan dari pengguna baik secara manual maupun elektronik.
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Bidang Pengembangan dan Kerjasama.

 Urusan Kerjasama dan Kajian Kepustakaan
Kepala Urusan (KAUR) Kerjasama dan Kajian Kepustakaan
Menyusun program kerja tahunan Sub Bidang Kerjasama dan Kajian Kepustakaan
Menyelenggarakan kerjasama dengan perpustakaan lain atau lembaga/intstitusi terkait untuk meningkatkan kinerja perpustakaan.
Melakukan analisis tentang perkembangan perpustakaan dan ruang baca di tingkat fakultas, Sub Bidang dan program studi.
Melakukan analisis dan kajian kebutuhan sumber informasi, kemudahan akses dan pemanfaatan perpustakaan.
Menyelenggarakan pelatihan bidang kepustakaan terhadap pengguna, staf perpustakaan serta pihak-pihak lain yang membutuhkan.
Menyusun laporan bulanan kepada Kepala Bidang Pengembangan dan Kerjasama.
BIDANG ADMINISTRASI DAN KERUMAHTANGGAAN
Kepala Sub Bagian (KASUBAG) Administrasi dan Kerumahtanggaan

Menyusun program kerja tahunan Bidang Administrasi dan Kerumahtanggaan Perpustakaan.
Melakukan analisis kegiatan Bidang Administrasi dan Kerumahtanggaan.
Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas-tugas Sub Bidang Administrasi Keuangan, Administrasi Kantor dan Kepegawaian dan Kerumahtanggaan.
Melakukan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas Sub Bidang Keuangan, Administrasi Perkantoran, Kepegawaian, Kerumahtanggaan.
Melakukan evaluasi dan monitoring penggunaan keuangan.
Melakukan evaluasi laporan LAKIP.
Menyiapkan kebutuhan kegiatan yang bersifat seremonial, baik secara rutin maupun insidental.
Memberikan laporan rutin kepada Kepala perpustakaan.
Urusan Administrasi Keuangan
Kepala Urusan (KAUR) Administrasi Keuangan
Menyusun program kerja urusan keuangan
Memelihara dan mengupdate data keuangan.
Melakukan kegiatan administrasi penerimaan, penyimpanan, pengeluaran keuangan perpustakaan.
Menyiapkan pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan perpustakaan dalam bentuk manual maupun elektronik.
Mencairkan dana yang telah disetujui ke bank yang ditunjuk.
Menghimpun peraturan-peraturan dalam Bidang Keuangan
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Bidang Administrasi dan Kerumahtanggaan.
 Staf Pelaksana administrasi Keuangan
Membantu menyusun pengajuan rencana kebutuhan keuangan
Membantu menyusun laporan keuangan.
Melakukan pembuatan uraian laporan dan Surat Pertanggungjawaban Keuangan.
Memelihara dan mengupdate data keuangan.
Melakukan penyusunan dan pembuatan administrasi keuangan.
Membantu menyusun Laporan LAKIP.

 Urusan Administrasi Kantor dan Kepegawaian
Kepala Urusan (KAUR) Administrasi Perkantoran dan Kepegawaian
Menyusun program kerja Sub Bidang Administrasi Perkantoran dan Kepegawaian
Melaksanakan sistem kearsipan perpustakaan.
Menyediakan data dan dokumen yang diperlulan perpustakaan.
Memproses surat masuk dan keluar, termasuk surat pengadaan bahan pustaka lainya.
Menyediakan data yang berkenaan dengan Sub Bidang Kepegawaian.
Memelihara dan memperbaharui data kepegawaian.
Melakukan kegiatan administrasi kepegawaian, baik yang bersifat personal kepegawaian maupun kelembagaan.
Membantu menyiapkan kebutuhan kegiatan yang bersifat seremonial, baik secara rutin maupun incidental.
Menghimpun peraturan-peraturan dalam Bidang Kepegawaian.
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Bidang Administrasi dan Kerumahtanggaan.
Staf Pelaksana Kegiatan Administrasi Perkantoran dan Kepegawaian
Menerima dan mencatat  dalam buku  agenda surat masuk dan keluar.
Mengatur arsip kepegawaian, surat-surat yang diterima perpustakaan.
Melaksanakan distribusi surat keluar yang bersifat rutin maupun insidental.
Membantu melaksanakan penyiapan arsip kantor dan kepegawaian.
Membantu menyiapkan peraturan-peraturan Bidang Kepegawaian.
Membantu menyiapakan kebutuhan konsumsi baik secara rutin maupun insidental.

Urusan Kerumahtanggaan
Kepala Urusan (KAUR) Kerumahtanggaan
Menyusun program kerja Sub Bidang Kerumahtanggaan
Mengatur penggunaan atau pemanfaatan perlengkapan perpustakaan.
Melaksanakan program perawatan dan pengawetan perlengakapan perpustakaan.
Menyiapkan perlengkapan, sarana dan prasarana, untuk kebutuhan penyelenggaraan perpustakaan.
Menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan barang habis pakai.
Melaksanakan inventarisasi perlengkapan, sarana dan prasarana perpustakaan.
Melaksanakan kebersihan di lingkungan perpustakaan.
Melaksanakan pengamanan dan keamanan di lingkungan perpustakaan.
Menyiapkan laporan penyediaan dan penggunaan perlengkapan, sarana dan prasarana sebagaimana dibutuhkan dalam SABMN dan SIMAKS.
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Bidang Administrasi dan Kerumahtanggan.
Staf Pelaksana Kegiatan Kerumahtanggaan
Mendata perlengkapan, sarana dan prasarana dalam SABMN dan SIMAKS perpustakaan
Menyiapkan perlengkapan, sarana dan prasarana, untuk kebutuhan perpustakaan.
Membuat daftar penempatan barang-barang inventaris di masing-masing ruangan.
Menyusun, mendistribusikan kebutuhan  barang habis pakai.
Menusun daftar kebutuhan perawatan gedung perpustakaan.
Melaksanakan penyusunan daftar barang inventaris yang rusak.
Melaksanakan penggantian, perbaikan dan penyediaan perlengkapan, sarana dan prasarana perpustakaan.
Menyediakan perlengkapan, sarana dan prasarana perpustakaan untuk kegiatan seremonial dan insidental.
Staf Pelaksana Kegiatan Keamanan Kantor

Melaksanakan kegiatan pengamanan prasarana dan sarana, serta gedung di lingkungan perpustakaan pada malam hari dan hari libur nasional.
Memeriksa secara rutin kondisi prasarana dan sarana, serta gedung perpustakaan.
Memeriksa dan mengamankan benda dan manusia yang dianggap janggal dan mencurigakan, selanjutnya melaporkan kepada Kepala Perpustakaan dan Keamanan Universitas Brawijaya.
Mengamankan lingkungan perpustakaan pada malam hari dan hari libur nasional dari gangguan dan penyalahgunaan pemanfaatan prasarana dan sarana, serta gedung perpustakaan.
Mencatat dan memberikan laporan secara lisan dan tertulis perkembangan dan peristiwa yang terjadi  lingkungan perpustakaan pada malam hari dan hari libur nasional.
Staf Pelaksana Kegiatan Pertamanan dan Kebersihan Lingkungan
Melakukan dan meningkatkan kebersihan, keindahaan taman di lingkungan Perpustakaan.
Melakukan merawatan dan kerapihan tanaman di lingkungan perpustakaan.
Membersihkan secara rutin halaman pertamanan di lingkungan perpustakaan.
Menyediakan, mendistribusikan dan merawat tanaman dan bunga hias di lingkungan perpustakaan.
Memeriksa dan membersihkan kotoran di taman dan selokan di lingkungan Perpustakaan.
Membersihkan kolam yang ada di dalam dan di luar gedung perpustakaan.

KELOMPOK PUSTAKAWAN DAN STAF AHLI

Ketua Kelompok Pustakawan
Menyusun program kerja Kelompok Pustakawan
Menyelenggarakan kegiatan yang menunjang pengembangan profesi
Memberikan masukan terhadap penyelenggaraan perpustakaan
Memberikan masukan terhadap peningkatan karier pustakawan
Menyelenggarakan bimbingan dan evaluasi pengajuan angka kredit bagi pustakawan
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Perpustakaan dan kelompok pustakawan.
Staf Ahli Perpustakaan
Menyusun program kerja tahunan Staf Ahli Perpustakaan
Memberikan masukan terhadap penyelenggaraan perpustakaan
Menyelenggarakan kajian dan publikasi bidang kepustakaan dan kepustakawanan
Berpartisipasi dalam pengembangan kepustakwanan ditingkat regional, nasional dan internasional
Memberikan laporan rutin kepada Kepala Perpustakaan dan Ketua Kelompok Pustakawan.


4. Koleksi

a. Koleksi Cetak
    Terdiri dari koleksi Buku teks, Referensi, Karya Ilmiah Mahasiswa, Karya Ilmiah Dosen, Handout, Pidato Pengukuhan, Journal, Majalah, dan Koran.

b. Koleksi Elektronik
*E-Book
Terdiri dari koleksi E-Book, E-Journal, E-Braawijaya Knowledge, Suplement Buku, dalam database offline atau online dikeamas dalama media CD-ROM VCD dan DVD dalam formaat data

Offline
Macam koleksi elektronik offline tersebut diantaranya adalah:
Medical Library
Applied Science and Technology
Bussines Research
Social Science Index
Agrocomplex (Teal)
Warintek
Suplement buku dam majalah

Online
Sedangkan koleksi online dapat dilakukan dengan akses langsung ke database yang disediakan provider yang dilanggan, Universitas Brawijaya atau free database bersyarat. Macam koleksi elektronik tersebut diantaranya adalah:
e-UB knowledge, e-book (4724 judul), disertation social science and business, disertation agriculture & engineerings.

e-journal diantaranya:
art and arcitecture complete, foof science source, CNHL Plus with fulltex, ASCE, ASME, IEEE computer society digital library, weslaw international online, scopus, proquest academic research library, proquest medical library, business periodical ondisc research ed (BPO research), proquest science journal and proquest computing journal.
Disamping koleksi journal elektronik online tersebut perpustakaan UB dapat mengakses koleksi yang disediakan oleh DIKTI (http://garuda.kemdiknas.go.id).

5. Fasilitas

Gedung
Gedung perpustakaan UB saat ini berada satu lokasi dengan luas 8520 m2. Secara keseluruhan ruang dalam gedung tersebut sebagian besar digunakan untuk ruang koleksi, ruang baca, ruang kerja, ruang pertemuan, ruang diskusi, dan ruang layanan, dan sebagian yang lain untuk kegiatan pendukung layanan, diantaranya musholla, toilet, taman, dan gasibo.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan UB telah dimulai sejak tahun 2001, melalui pengembangan sistem automasi layanan teknik dan layanan pengguna dan sejak tahun 2006 telah dikembangkan aplikasi untuk perpustakaan digital. Saat ini perpustakaan UB telah memanfaatkan secara total teknologi informasi, baik untuk sistem automasi, perpustakaan digital web dan fungsi-fungsi lain dalam kegiatan perpustakaan, baik dalam jaringan kabel maupun nir kabel. Diseluruh perpustakaan juga dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet secara bebas bersyarat.

6. Layanan
1.      Layanan yang diberikan perpustakaan UB terdiri dari:
2.      Layanan Sirkulasi
3.      Layanan Keanggotaan
4.      Layanan Referensi dan Multimedia
5.      Silang Layan dan Penelusuran Informasi
6.      Layanan Sampoerna Corner
7.      Layanan Fotocopy
8.      Layanan Student Internet Center (B-Web)
9.      Layanan Saudi Arabian Corner
10.  Layanan UB Knowledge (Skripsi, Thesis, Disertasi, Buku dan Jurnal Karya Dosen  UB, Laporan Penelitian, Pidato Pengukuhan dan Tugas Akhir Mahasiswa)
11.  Layanan Informasi Literacy
12.  Mobile Librarian Service
13.  Layanan Sewa Locker
14.  Layanan Sewa Ruang Eksklusif
15.  Layanan Koleksi Pascasarjana
16.  Layanan Online 24 jam







BAB III

PENUTUP



A. Kesimpulan

PSB merupakan bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai bangunan yang lengkap, yang dirancang dan diatur secara khusus dengan tujuan menyimpan, merawat, mengembangkan, dan memanfaatkan lokasi sumber belajar dalam berbagai bentuknya, baik secara individual maupun kelompok. PSB ini dirancang untuk memberikan kemudahan kepada peserta didik, baik secara individual maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia sehingga proses belajar terjadi.
Perpustakaan Universitas Brawijaya dapat dikatakan sebagai pusat sumber belajar karena memnuhi beberapa kriteria yaitu sejarah lembaga yang jelas,memiliki visi misi dan tujuan, memiliki struktur organisasi, memiliki deskripsi tugas masing-masing bidang, memiliki berbagai macam koleksi maupun layanan, serta memiliki fasilitas yang memadai. 

B.Saran

            Saran yang dapat penulis sampaikan kepada perpustakaan Univeristas Brawijaya adalah:
-          Perpustakaan Brawijaya sebagai pusat sumber belajar harus lebih intens dalam mengadakan kegiatan dalam menunjang kebutuhan mahasiswa.
-          Sebaiknya diberikan pustakawan Uiniversitas Brawijaya harus lebih tanggap dalam memenuhi kebutuhan mahasiwa, tidak hanya kebutuhan akan layanan perpustakaan tetapi kebutuhan untuk berbagi keluh kesah kepada pustakawan. 





DAFTAR PUSTAKA

Di akses pada tanggal 11 Februari 2015 melaui.http://www.m-edukasi.web.id/2013/09/pengertian-pusat-sumber-belajar.html

Di akses pada tanggal 11 Februari 2015 melaui www.lib.ub.ac.id

Di akses pada tanggal 11 Februari 2015 melaui  http://www.fauzinesia.com/2012/06/pusat-sumber-belajar.html



Kembali ke atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar